Kamis, 22 Januari 2015

CG[LWJGL0010] || The Display

Table of contents

Class Display adalah class yang sangat penting dalam library LWJGL. Class Display membuat dan mengontrol window OpenGL yang kemudian menjadi tempat semua objek grafis dirender.

Class Display memiliki tiga Method penting sebagai berikut:
- create()
- update()
- destroy()


Display.create()
metode ini digunakan untuk membuat window OpenGL setelah sebelumnya kita mengawali dengan memberikan ukuran window dengan lebar dan panjang yang spesifik seperti contoh berikut:
Display.setDisplayMode(new DisplayMode(width,height));
Display.create();
dalam penerapannya, kita mungkin juga akan membutuhkan sebuah loop/game loop yang akan digunakan untuk meng-update properti-properti yang ada dalam window OpenGL.

Display.update()
LWJGL menggunakan teknik double buffering dan semua objek akan digambar ke offscreen buffer. ketika method Display.ipdate() dipanggil maka objek yang digambar secara offscreen buffer tadi akan menggantikan buffer yang berlaku saat ini dan objek-tersebut akan terlihat diwindow. Secara normal method Display.update() ini akan dipanggil sekali pada setiap frame dalam loop rendering. Method Display.update() ini juga akan menangani input dari keyboard dan mouse.

Display.destroy()
Method ini digunakan untuk membersihkan reource yang digunakan dan biasanya dipanggil saat window OpenGL di-close.

berikut ini contoh penggunaan ketiga method class Display tersebut:

import org.lwjgl.LWJGLException;
import org.lwjgl.opengl.Display;
import org.lwjgl.opengl.DisplayMode;
 
public class TutorialLWJGL0010 {
    public void start() {
        try {
            Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
            Display.setTitle("CG[LWJGL0010] || The Display");
            Display.create();
        } catch (LWJGLException e) {
            e.printStackTrace();
            System.exit(0);
        }
         
        // code untuk inisialisasi OpenGL di sini
         
        while (!Display.isCloseRequested()) {
             
            // code untuk render OpenGL di sini
             
            Display.update();
        }
         
        Display.destroy();
    }
     
    public static void main(String[] argv) {
        TutorialLWJGL0010 displayExample = new TutorialLWJGL0010();
        displayExample.start();
    }
}


issue: class Display ini tidak ada dalam LWJGL versi 3


Referensi:
http://wiki.lwjgl.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

/*SYNTAX HIGHLIGHTER*/