Minggu, 18 Januari 2015

CG[LWJGL0001] || Memasukkan Library LWJGL ke Project Eclipse

Table of contents


Postingan ini akan membahas tentang cara mengatur built path library LWJGL dalam project eclipse. LWJGL sendiri merupakan salah satu library OpenGL yang dapat digunakan untuk menjalankan OpenGL menggunakan Java.

Untuk dapat menggunakan library LWJGL di Eclipse tentunya anda harus mendownload eclipse terlebih dahulu, selanjutnya anda juga harus mendownload library LWJGL yang dapat anda lakukan melalui link berikut:
https://drive.google.com/file/d/0B-iYwyTfbaR2WUhTa3RwbEhBaEk/view?usp=sharing
atau melalui situs resminya:
http://www.lwjgl.org/download.php

http://legacy.lwjgl.org/

Setelah kita berhasil Mendownload eclipse dan Library LWJGL maka selanjutnya lakukan extract keduanya misalnya ke direktori D:\

STEP 1:
Jalankan eclipse. pada saat pertama kali menjalankan eclipse kita akan diminta untuk menentukan workspace (alamat direktori yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file project eclipse kita). contoh disini saya gunakan:

STEP 2:
Buatlah sebuah project Java baru dengan memilih menu: File -> New -> Java Project lalu beri nama project misalkan "ProjectLWJGL0001"


STEP 3:
Klik tombol next kemudian pilih tab "Libraries"


STEP 4:
klik tombol "Add External JARs..." lalu masuk ke direktori tempat kita meng-extract library LWJGL. masuk ke folder "jar" lalu pilih file lwjgl-debug.jar


STEP 5:
setelah berhasil melakukan import library LWJGL selanjutnya atur Native Library LWJGL dengan cara mengklik tombol segitiga di depan library yang telah diimport kemudian double-Click "Native Library Location" seperti gambar berikut ini

selanjutnya browse folder "native" dan pilih Sistem Operasi yang anda gunakan:


STEP 6:
setelah berhasil menambahkan library LWJGL dan mengatur native library locationnya maka kita dapat mengakhiri proses persiapan pembuatan project eclipse dengan mengklik tombol Finish.

STEP 7:
kita akan membuat sebuah program sederhana untuk mendeteksi versi OpenGL yang sedang kita gunakan. untuk itu, buatlah sebuah class baru dengan memilih menu: File -> New -> Class kemudian beri nama Class: "LihatVersiOpenGL" tanpa tanda petik. kemudian copy-paste code berikut:


selanjutnya pilih menu Run -> Run As -> Java Application. jika anda melakukan semua Step diatas dengan benar maka pada panel console anda akan melihat versi OpenGL yang terpasang di Komputer Anda. SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL



lihat semua tutorial

Referensi:
http://wiki.lwjgl.org/index.php?title=Main_Page
http://www.lwjgl.org/
 Indonesia Berkicau
https://ericombank.wordpress.com/2014/03/17/menambahkan-library-lwjgl-dengan-opengl-pada-netbeans/
http://notegan.blogspot.com/2012/01/library-lwjgl-di-java.html
http://ffrediefix.blogspot.com/2012/01/opengl-di-java-dengan-library-lwjgl.html


1 komentar:

/*SYNTAX HIGHLIGHTER*/