Minggu, 25 Januari 2015

CG[LWJGL0016] || Membuat Texture dengan bantuan Library Slick-Util (Texture-0)

Table of contents



Slick-Util mendukung format image PNG, JPG, GIF dan TGA. Image ini kemudian akan kita gunakan untuk membuat texture.
Untuk memuat gambar menggunakan library Slick-Util sangatlah mudah. Rincian image (gambar) akan disimpan di dalam class Texture. Class Texture akan memberikan kita akses ke atribut-atribut gambar seperti lebar, tinggi, dll. Untuk memuat file gambar ke dalam class Texture digunakan method TextureLoader.getTexture( ). method TextureLoader.getTexture( ) ini menerima input berupa tipe file gambar (PNG, JPG, dll) dan path file gambar. berikut ini contoh cara memuat (me-load) gambar ke dalam class Texture:


Texture texture;

public void init() throws IOException {
       
  texture = TextureLoader.getTexture("PNG", ResourceLoader.getResourceAsStream("res/image.png"));
}

contoh lengkapnya diperlihatkan pada code berikut:



Dalam tutorial sebelumnya, kita telah membahas cara membuat kubus. sekarang kita akan menerapkan gambar tekstur pada permukaan kubus. source codenya adalah hasil modifikasi dari Shape 3D. berikut ini source code lengkapnya:





SELAMAT MENCOBA

lihat semua tutorial

Referensi:
http://wiki.lwjgl.org/wiki/Slick-Util_Library_-_Part_1_-_Loading_Images_for_LWJGL

1 komentar:

/*SYNTAX HIGHLIGHTER*/